Tips Simple Bangun Networking Sebelum Lulus Dari SMK | TopKarir.com

Tips Simple Bangun Networking Sebelum Lulus Dari SMK

19-08-2019 06:50:28

Membangun networking sebenarnya sudah bisa dimulai dari bangku sekolah, lho. Justru jaringan yang dibangun sejak sekolah akan sangat membantu kamu untuk menemukan karir yang tepat setelah lulus.  Nah berikut ini tips bagaimana caranya kamu membangun networking. Yuk di simak ya!



  • Gunakan status pelajar dengan baik

kamu punya kesempatan untuk mendapatkan kontak alumnus, Manfaatkan hal ini untuk membangun hubungan dengan mereka. Para alumni pasti akan dengan senang hati membantumu menemukan karir yang tepat dengan memberikan saran hingga tawaran pekerjaan.

 

  • Bangun relasi 

Jangan biarkan dirimu terisolasi dengan siklus sekolah. Sesekali cobalah hadiri seminar atau pelatihan sesuai bidang yang kamu gemari di hari libur. Dari sini kamu bisa membangun jaringan baru dengan orang-orang yang lebih berpengalaman di bidang tersebut.

 

  • Ikut kegiatan sekolah

Hampir semua sekolah punya organisasi dan kegiatan kesiswaan. Bergabung dengan salah satunya, bisa memperluas jaringan kamu dengan teman-teman baru lho.

 

  • Manfaatkan media sosial

Gunakan media sosial untuk terhubung dengan orang yang berpengaruh di bidangmu. Selain media sosial seperti Facebook dan Instagram, media sosial untuk profesional seperti LinkedIn bisa kamu manfaatkan untuk memperluas networking.

 

  • Magang juga bisa membantu

Jika kamu punya waktu luang, cobalah pekerjaan paruh waktu atau magang. Magang itu sangat bermanfaat untuk mengasah kemampuan dan memperluas jaringan. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk jadi karyawan full-time dari kegiatan ini. Bisa bermanfaat juga untuk tambah nilai CV kamu.

 

Nah itu dia caranya membangun networking yang baik. Temukan tips lainnya di TopKarir & download aplikasinya ya!




tutup
Registrasi berhasil

tutup