Tips Memilih Jurusan SMK Agar Tidak Salah Jurusan | TopKarir.com

Tips Memilih Jurusan SMK Agar Tidak Salah Jurusan

26-06-2019 16:52:02

Di SMK, ada banyak jurusan. Lebih banyak daripada jurusan di SMA. Jurusan di SMK adalah jurusan keahlian. Untuk itu, memilih jurusan SMK sesuai minat sangatlah penting dan kamu tidak perlu kuliah pun tidak apa-apa, bisa langsung kerja lho. Nah sebelum kamu memilih jurusan di SMK, simak tips berikut ini agar tidak salah mengambil jurusan. Di simak ya!



  • Pilih SMK sesuai dengan minat

Pilih SMK yang ada jurusan sesuai hobi kamu, sehingga akan benar-benar menikmati pendidikan dengan baik. Kamu akan menghabiskan pendidikan sampai lulus dan bekerja sesuai keterampilan, Ini akan sangat penting dan berarti untuk pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan yang dipilih.

 

  • Sesuaikan dengan cita-cita

Ketika kamu memilih masuk SMk, pastikan kamu memilih yang sesuai kamu cita citakan ya. Misalnya ingin menjadi seorang chef, kamu bisa memilih jurusan tata boga. Pemilihan sesuai cita cita sangat penting agar kamu bisa semangat belajar untuk meraih cita cita kamu nantinya.

 

  • Banyak mengumpulkan informasi

Banyaknya pilihan jurusan di SMK akan membuat kamu bingung. Untuk itu, banyak-banyaklah tanya orang terdekat. Mana jurusan yang tepat sesuai minat dan sesuai kebutuhan pasar atau dunia kerja.

 

  • Cari tahu jurusan yang paling diminati

Untuk memilih jurusan SMK. Tentukan satu pilihan jurusan dan cari banyak informasinya sebagai bahan pertimbangan untuk kamu menentukan pilihan. Kamu bisa mencari tahu keterampilan apa saja yang akan didapatkan, kualitas lulusannya , serta apa saja yang harus dipersiapkan.



  • Seberapa besar prospeknya

Cari informasi tentang prospek jurusan yang kamu pilih. Hal ini terkait dengan prospek jurusan untuk dunia kerja. Apakah banyak diminati dan lapangan kerjanya luas atau tidak. 

 

Nah itu dia tips nya Sahabat TopKarir! Pertimbangan jurusan yang kamu pilih ya. Yuk temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir ya & download aplikasinya!




tutup
Registrasi berhasil

tutup