Cara Mudah Menentukan Pilihan Masuk SMA atau SMK | TopKarir.com

Cara Mudah Menentukan Pilihan Masuk SMA atau SMK

20-06-2019 20:23:38

Pasti banyak banget dari kamu yang masih bingung memilih sekolah setelah lulus dari SMP, pilih SMA atau SMK? Biar gak kejebak ajakan teman, dan akhirnya salah memilih sekolah, sebaiknya kamu perlu mengetahui ulasan berikut ini sebelum kamu memilih mau melanjutkan ke SMA atau SMK. di simak ya!

 

  • Tujuanmu setelah lulus

Tanyakan ini pada dirimu. Jika kamu punya tujuan supaya langsung bekerja setelah lulus sekolah, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi jika kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, sebaiknya kamu memilih SMA.

 

  • Apa yang kamu sukai

Jika kamu menyukai hal yang berhubungan dengan praktik atau suka jurusan teknik, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi jika kamu adalah tipe orang yang lebih senang bermain logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

 

  • Pekerjaan impian kamu

Jika pekerjaan yang kamu impikan mengharuskanmu harus memiliki gelar tertentu, sebaiknya kamu memilih SMA. Tetapi jika pekerjaan yang kamu pilih tidak menetapkan standar pendidikan tertentu, kamu bisa memilih SMK. Selain itu, jika memilih SMK, kamu bisa menekuni keahlianmu dan dan bisa mendalaminya lagi di perguruan tinggi.

  • Biaya

Jika keadaan keuanganmu kurang baik, dan mengharuskanmu untuk segera mempunyai penghasilan, maka sebaiknya memilih SMK. Setelah itu jika memang ingin melanjutkan pendidikan, kamu bisa kuliah sambil bekerja.

 

  • Potensi di sekitarmu

Perhatikan, apakah ada potensi usaha atau peluang kerja yang cocok buat kamu. Bila di daerahmu mempunyai banyak ladang usaha, yang membutuhkan keterampilan tertentu, sebaiknya kamu memilih SMK. Tetapi apabila peluang kerja di sana lebih ke arah logika, sebaiknya kamu memilih SMA.

 

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih sekolah. Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir, download aplikasinya ya!

 

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup