5 Realita Dunia Kerja yang Wajib Banget Diketahui oleh Lulusan SMK | TopKarir.com

5 Realita Dunia Kerja yang Wajib Banget Diketahui oleh Lulusan SMK

28-06-2019 16:06:32

Banyaknya tugas di sekolah yang menguras tenaga dan emosi pastinya membuat kamu ingin cepat-cepat lulus dan bekerja. Bayangan akan kebebasan dari tugas sekolah, kewajiban membayar biaya sekolah, serta memiliki uang sendiri pastinya jadi hal yang sering kamu bayangkan tentang dunia kerja. Padahal gak sesimpel itu lho. Banyak fresh graduate yang kaget karena dunia kerja ternyata jauh dari yang selama ini dibayangkan. Buat kamu para fresh graduate atau calon fresh graduate, ini beberapa gambaran realita dunia kerja yang perlu kamu tahu. Simak ya!

 

  • Bangun pagi jadi hal yang wajib kamu lakukan tiap hari

Waktu sekolah kamu mungkin suka malas-malasan buat bangun pagi. Pasang alarm jam 5 tapi bangun jam 7, ujung-ujungnya telat masuk hari itu. Pada situasi seperti ini kadang pelajar bisa minta tolong pada teman untuk titip absen. Tapi, setelah kerja nanti, gak ada lagi yang namanya malas bangun pagi dan titip absen ke rekan kantor. Kalau sering terlambat, kamu harus siap gajimu dipotong bahkan mendapat surat peringatan.

 

  • Gak ada lagi yang namanya geng-gengan

Saat masih sekolah dulu kamu bebas berteman dengan siapapun yang kamu mau. Tapi ketika memasuki dunia kerja, kamu harus bisa menempatkan diri dan berteman dengan siapapun. Karena gak jarang karyawan dihadapkan dengan sebuah proyek di mana dirinya harus bekerja sama dengan rekan yang gak disukai, tapi bagaimanapun juga profesionalitas tetap nomor satu.

 

  • Cara pandang teman-temanmu yang luar biasa berbeda-beda

Kalau waktu sekolah dulu kamu berteman dengan sesama siswa yang usianya tidak jauh berbeda denganmu. Di dunia kerja nanti kamu akan berkawan dengan sesama rekan kerja yang usianya berbeda-beda, bahkan ada yang terpaut jauh dari kamu. Salah satu dampaknya, akan ada banyak sekali perbedaan pemikiran dan cara pandang dalam menghadapi segala hal. Kamu gak perlu kaget dan merasa aneh, karena nantinya kamu juga akan terbiasa kok.

 

  • Kalau kamu gak punya attitude, kamu bukan siapa-siapa

Meskipun di sekolah kamu adalah siswa terbaik yang punya jam terbang tinggi dan selalu dicari ketika memasuki musim ujian. Tapi saat memasuki dunia kerja nantinya, kamu harus sadar diri bahwa kamu ini seorang karyawan baru yang punya nol tahun pengalaman. Sepintar apapun dirimu, kamu gak bisa sesumbar dan bersikap sok bisa dalam segala hal. Kamu tetap harus menghormati karyawan lain dan jangan pernah gengsi untuk meminta tolong dan bertanya tentang apapun yang kamu gak tahu.

  • Waktu dan uang yang kamu miliki serba berkebalikan dengan masa sekolah

Pasti kamu setuju bahwa mayoritas pelajar punya banyak waktu luang untuk bersenang-senang tapi uang yang dimiliki pelajar sangat terbatas sehingga kadang pelajar gak bisa seenaknya berfoya-foya. Nah, setelah bekerja nantinya setiap kerja keras dan keringatmu akan dibayar dengan rupiah. Sayangnya, kamu gak akan punya banyak waktu untuk memanjakan diri atau berfoya-foya.

Nah itu dia ulasannya Sahabat TopKarir. Temukan tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!

 




tutup
Registrasi berhasil

tutup