4 Trik Bikin Kamu Cepat Dipanggil Interview Kerja Setelah Lulus SMK | TopKarir.com

4 Trik Bikin Kamu Cepat Dipanggil Interview Kerja Setelah Lulus SMK

28-06-2019 14:23:01

 

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, segala sesuatu memang sudah menjadi lebih mudah termasuk untuk mencari pekerjaan. Bersyukurlah kita yang hidup di zaman now dan sudah punya banyak situs pemasangan iklan lowongan kerja secara digital. Apakah kamu salah satu orang yang sudah mengirimkan berjuta lamaran pekerjaan ke situs lowongan kerja tapi belum juga mendapatkan panggilan interview? Nah, mungkin beberapa tips ini bisa kamu lakukan supaya lamaran kerjamu terpanggil interview!

 

  • Jangan asal melamar

Baca dulu kualifikasi yang dibutuhkan di setiap lowongan kerja, apa benar sudah sesuai dengan kompetensi yang kamu punya? Misal, di suatu lowongan tertulis "Perempuan, minimal SMK", sedangkan kamu adalah seorang laki-laki dengan pendidikan terakhir SMK dan tanpa pengalaman.

 

  • Mulailah dari bawah

Untuk kamu yang fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja apapun, mulailah melamar dari posisi bawah yaitu sebagai Admin atau Staf. Ibaratnya nih kamu baru mulai nyemplung di dunia kerja, kamu belum tahu kan medan pertempuran perusahaan yang kamu lamar seperti apa?

 

  • Jelaskan kompetensimu dengan lengkap

Tulislah lamaran kerjamu selengkap dan semenarik mungkin, upload CV-mu beserta foto terbaru, dan jika kamu punya portofolio jangan ragu untuk melampirkannya juga ya. Untuk kamu yang sudah memiliki pengalaman kerja, jelaskan secara rinci pekerjaanmu di tempat sebelumnya seperti apa, apa saja yang kamu handle dan tuliskan prestasi apa yang pernah kamu raih di perusahaan yang sebelumnya. 

 

  • Sesuaikan gaji yang kamu mau dengan kompetensimu

Kalau kamu melamar di situs lowongan kerja, pasti akan ada kolom berapa gaji yang kita minta kan? Jika kamu fresh graduate tulis angka UMR atau yang sesuai dengan kapasitas skill yang kamu miliki. Namun jika kamu sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya, kamu diperbolehkan menaikkan rate gaji yang kamu ingin dari rate gaji di perusahaanmu yang sebelumnya. 



Semoga empat tips tersebut dapat membantumu untuk melolosakan lamaran kerjamu ke tahap interview ya. Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!




tutup
Registrasi berhasil

tutup